Bingung Menentukan Menu untuk Buka Puasa Bersama? Cek Tips Berikut Ini!

23 June 2016

Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk semakin banyak berbuat kebaikan dan menjalin silaturahim. Salah satu kegiatan yang ramai dilakukan saat bulan Ramadhan adalah buka puasa bersama. Selain bisa berkumpul dengan rekan dan kerabat, buka puasa bersama juga dapat meningkatkan kekompakan serta mempererat persaudaraan.

 

Buka puasa bersama memang menyenangkan, namun jangan sampai kita mengabaikan kesehatan. Jangan sampai jadwal buka puasa bersama yang padat membuat tubuh kita menjadi kurang fit atau lebih gemuk di hari raya. Berikut ada beberapa tips sederhana dalam memilih menu makanan yang sehat untuk buka puasa bersama :

 

1. Awali berbuka puasa dengan minum air putih

Minumlah air putih segera saat waktu berbuka tiba. Air putih  bertujuan untuk redehidrasi atau mengganti kehilangan cairan tubuh saat berpuasa. Selain itu, minum air putih dapat memberikan sensasi kenyang di lambung sehingga kita tidak terdorong untuk makan berlebihan saat berbuka puasa.

 

2. Pilih minuman less sugar

Jika Anda menyukai minuman yang manis untuk berbuka puasa, pilihlah varian minuman yang lebih rendah gula atau pilih minuman kemasan yang ‘less sugar’. Anda juga bisa memilih minuman sari buah yang lebih rendah gula untuk berbuka puasa.

 

3. Hindari konsumsi makanan ‘berat’ langsung saat berbuka

Selain menghindari rasa tidak nyaman di perut, camilan sehat (3 buah kurma, buah, atau cookies rendah gula) sebagai ta’jil dapat menghindarkan kamu dari “kalap” saat memakan hidangan utama.

 

4. Say No to ‘Gorengan’

Pilih lauk yang lebih rendah lemak misalkan ayam bakar daripada ayam goreng, atau pilih kuah sup dibandingkan kuah gulai. Kelebihan lemak sering kita dapatkan saat mengonsumsi makanan untuk berbuka puasa, lho!

 

5. Agar lebih kenyang saat berbuka puasa

Saat berbuka puasa, perhatikan juga asupan karbohidrat yang kita konsumsi. Anda bisa mengurangi sedikit porsi nasi putih atau mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih sehat. Merasa kurang kenyang? Anda bisa menambahkan porsi sayuran atau lauk tinggi protein pada menu berbuka puasa, seperti tahu, tempe, ayam panggang, atau pepes.

 

Puasa yang dilakukan dengan benar dan selalu menjaga asupan nutrisi akan membantu menurunkan jumlah lemak dan menurunkan kolesterol. Oleh karena itu, jangan sampai kita ‘kalap’ saat sahur apalagi berbuka puasa. Dengan menjaga asupan nutrisi saat buka puasa bersama, silaturahim bersama teman jalan terus dan Anda akan tampil lebih prima saat hari raya.

 

Selamat bukber, Trops!


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *