Benarkah Telur Adalah Makanan Kolesterol Tinggi?

27 July 2015

Telur seringkali dikategorikan sebagai makanan kolesterol tinggi. Beberapa orang yang memiliki kolesterol tinggi disarankan untuk tidak mengonsumsi telur, terutama kuning telur, dalam jumlah banyak. Namun, benarkah telur adalah makanan kolesterol tinggi? Apakah kebiasaan mengonsumsinya dapat menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi?

 

Ketika Anda didiagnosa memiliki kolesterol tinggi, Anda tidak perlu segera mengambil keputusan untuk tidak mengonsumsi telur sama sekali. Kandungan kolesterol pada telur adalah 185 mg setiap butirnya. Jumlah tersebut memang cukup tinggi. Akan tetapi tahukah Anda, konsumsi telur ternyata mencegah kenaikan kadar gula darah berlebih dan juga menurunkan risiko diabetes. Selain itu, kandungan lemak jenuh pada telur cukup rendah, yakni 1,6 gram pada kuning telur. Ada beberapa fakta sehat lain mengenai telur yang harus Anda ketahui, antara lain adalah:

1. Telur merupakan sumber protein yang sangat baik.
2. Telur mengandung banyak nutrisi dan vitamin, seperti vitamin D, B6, B12, folat dan kolin.
3. Telur mengandung omega-3 yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan jantung.

 

Memiliki kolesterol tinggi tidak menjadi alasan untuk berhenti mengonsumsi telur. Hanya saja, Anda perlu mengubah porsi dan metode mengolahnya. Jumlah ideal dalam mengonsumsi telur adalah 4-6 butir telur per minggu. Agar telur tidak menjadi salah satu makanan kolesterol tinggi, olah telur dengan cara yang sehat, seperti direbus atau dimasak dengan minyak zaitun. Di samping itu, Anda juga dapat mengonsumsi telur dengan makanan kaya serat, seperti sayuran dan gandum, untuk meminimalisir kadar kolesterol yang tinggi di dalam telur.

 

 

Source:
1)     everydayhealth.com/health-report/high-cholesterol/eggs-and-cholesterol.aspx
2)     healthline.com/health-slideshow/eggs-and-cholesterol


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *