Benarkah Minuman Bersoda Bisa Menyebabkan Hipertensi?

7 September 2015

Siapa yang tidak kenal dengan minuman bersoda? Minuman berkarbonasi ini memiliki banyak varian rasa dengan harga yang terjangkau untuk melepas dahaga. Selain itu, minuman ini cukup menyegarkan dan dapat dijumpai di restoran, kafe, dan supermarket. Namun, tahukah Anda bahwa minuman bersoda dapat menjadi penyebab hipertensi ?

 

American Heart Association menuturkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda cenderung menghabiskan 2-3 kaleng minuman tersebut dalam sehari. Dengan takaran tersebut, maka konsumsi gula harian sudah sangat berlebih daripada yang disarankan. Bayangkan! Setiap 1 kaleng minuman bersoda yang Anda konsumsi mengandung total gula setara dengan 2/3 jumlah gula yang disarankan dalam 1 hari.

 

Selain tinggi gula, minuman bersoda juga dapat menyebabkan kelebihan asupan kalori. Banyaknya asupan kalori yang berlebih dibandingkan kebutuhan harian Anda dapat menyebabkan kenaikan berat badan di kemudian hari. Kenaikan berat badan inilah yang dapat memicu terjadinya hipertensi.  Hipertensi yang tidak kunjung ditangani akan dapat berdampak pada penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Nurses Health Study, dibandingkan dengan subjek yang mengonsumsi minuman bersoda lebih sedikit, konsumsi 1 kaleng minuman bersoda  dapat meningkatkan risiko hipertensi 9-13% lebih besar. Risiko hipertensi semakin besar seiring dengan banyaknya minuman bersoda yang dikonsumsi setiap hari.  Penelitian lainnya juga membuktikan bahwa bahwa subjek yang pada awalnya terbiasa mengonsumsi 1 kaleng minuman bersoda mengalami penurunan tekanan darah sistolik sebesar 1.8 mmHg dan tekanan darah sistolik sebesar 1.1 mmHg saat menurunkan setengah dari jumlah asupannya setiap hari. Hal ini sangat berdampak besar karena dapat mengurangi risiko kematian akibat stroke dan penyakit jantung dengan cukup signifikan.

 

 

Manisnya minuman bersoda ternyata tidak semanis risiko hipertensi yang ditimbulkan loh! So, bagi Anda yang ingin hidup lebih sehat dan terhindar dari hipertensi, mulailah kurangi konsumsi minuman bersoda secara bertahap dan ganti minuman berpemanis tinggi kalori dengan pemanis yang lebih rendah kalori.

 

 

Source:
webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/news/20100524/cut-back-on-sodas-to-lower-blood-pressure
webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/news/20051108/cola-drinks-may-boost-blood-pressure
Diakses pada 28 Februari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *