Benarkah Minum Kopi Jadi Salah Satu Penyebab Hipertensi?

19 January 2016

Garam bukanlah satu-satunya penyebab hipertensi. Sebagian orang percaya bahwa minum kopi juga merupakan salah satu penyebab hipertensi . Namun, benarkah kafein dapat memberikan dampak negatif terhadap tekanan darah? Lantas, bagaimana solusi untuk penikmat kopi yang memiliki tekanan darah tinggi?

 

Hasil sebuah penelitian tahunan yang dilakukan American Society of Hypertension di New York menyatakan bahwa kafein dapat meningkatkan kekakuan arteri pada penderita yang sudah mengalami tekanan darah tinggi. Sebagian pendapat menyatakan bahwa kafein dapat membuat kelenjar adrenal melepaskan adrenalin berlebih, sehingga tekanan darah juga akan meningkat. Oleh karena itulah minum kopi sering disinyalir sebagai salah satu penyebab hipertensi.

 

Namun berbagai penelitian yang dilakukan pun masih menunjukkan hasil yang masih inkonklusif (belum jelas), sehingga  pendapat di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan penikmat kopi yang jugamengonsumsi tambahan gula, cream, dan makanan lain yang dapat berdampak kepada tekanan darah.

 

 

Untuk upaya pencegahan, baik penderita hipertensi maupun non-hipertensi sebaiknya mengonsumsi kopi secara tidak berlebihan apalagi dengan gula dan krimer yang tinggi.. Bagi penderita hipertensi, untuk mengetahui efek minum kopi terhadap tekanan darah Anda, periksa tekanan darah 30-120 menit selama Anda minum kopi. Bila tekanan darah Anda meningkat 5-10 poin, maka tekanan darah Anda sangat sensitif terhadap efek kafein dalam kopi.

 

 

Source:

webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/news/20020517/caffeines-effect-on-blood-pressure

webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/news/20020326/coffee-doesnt-cause-high-blood-pressure

mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/expert-answers/blood-pressure/faq-20058543

Diakses pada 17 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *