Be Healthy and Be Happy!

29 May 2015

Percayakah Anda bahwa perasaan bahagia atau tidak bahagia dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang? Sebuah penelitian di Inggris membuktikan bahwa orang yang memiliki perasaan bahagia, meskipun hanya sedikit, memiliki risiko kematian 35% lebih rendah. Sebaliknya, telah banyak studi memaparkan bahwa emosi negatif, depresi, dan perasaan khawatir dapat memicu risiko timbulnya penyakit jantung, sementara bagi orang sudah menderita penyakit jantung kondisinya akan semakin buruk.

 

Pengertian pola hidup sehat bukan sekadar mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga saja. Akan tetapi, pengertian pola hidup sehat  berarti menjaga diri agar terhindar dari stres dan emosi negatif. Pasalnya, saat kita merasa bahagia, sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik dan respon tubuh terhadap stres juga menurun. Ulasan yang terdapat pada Scientific American di tahun 2005 mengatakan bahwa stres memiliki kaitan yang erat terhadap risiko hipertensi dan diabetes.

 

Maka dari itu, cobalah untuk menjaga perasaan tenang dan bahagia dalam diri Anda dengan mengelola stres. Stres memang tidak dapat dihindari, tetapi Anda dapat mengelolanya dengan cara-cara berikut ini:

Miliki kesempatan untuk “Me-Time
Di tengah-tengah kesibukan dan rutinitas harian Anda, cobalah untuk meluangkan waktu sesaat untuk “Me-Time”. Pada kesempatan tersebut, lakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan. Buatlah diri merasa rileks dengan melakukan aktivitas seperti spa, yoga, atau berjalan-jalan.

Hadapi masalah dan jangan menghindar
Menghindari masalah hanya dapat membuat stres Anda semakin meningkat. Cobalah untuk mencari jalan keluar masalah tersebut. Lakukan sharing dengan orang lain agar beban Anda sedikit berkurang.

Istirahat sejenak
Bila pekerjaan menumpuk dan Anda merasakan penat saat mengerjakannya. Berisitirahatlah sejenak untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap segar dan terhindar dari stres.

Luapkan emosi
Ketika Anda sudah tidak kuat menahan perasaan sedih atau marah, luapkan emosi Anda dengan aktivitas seperti mencoret-coret kertas, berbicara kepada orang lain, atau menangis. Pelepasan tekanan emosi tersebut dapat meredakan kekhawatiran Anda.

 

Tenyata, pengertian pola hidup sehat tidak hanya sekadar melakukan gaya hidup dan aktivitas yang sehat. Menjaga perasaan agar tetap bahagia dan tidak mengalami stres juga merupakan bagian dari pola hidup sehat. So, be happy, be healthy and live longer!

 

 

Source:
tropicanaslim.com/happy-people-healthy-people
webmd.com/balance/news/20111031/happy-people-live-longer


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *