Bayam Baik untuk Penderita Diabetes

12 May 2015

Makanan atau minuman manis sepertinya menjadi godaan yang cukup berat terutama bagi diabetesi. Namun, makanan atau minuman manis tentu masih dapat dikonsumsi dengan aman apabila menggunakan gula diabetes. Gula diabetes yang dimaksud adalah gula rendah kalori yang aman bagi diabetesi karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Selain mengganti gula dengan gula rendah kalori, upaya lainnya dalam mengontrol kadar gula darah adalah melalui pengaturan pola makan. Mengatur pola makan yang tepat untuk diabetesi memang menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, makanan untuk diabetes haruslah memenuhi kriteria kebutuhan dan kelengkapan nutrisi sehari-hari namun tetap terkontrol agar kadar gula darah tetap berada di rentang yang normal.

Sayuran yang satu ini adalah juaranya makanan untuk diabetes . Bayam. Ya, sayuran hijau ini ternyata tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga sangat baik untuk diabetesi karena memiliki kandungan yang sangat baik dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Berikut adalah kandungan zat aktif pada bayam.

1. Antioksidan
Sayuran hijau seperti bayam kaya akan β-karoten dan vitamin C. Keduanya bertindak sebagai antioksidan dengan menurunkan pembentukan radikal bebas yang bisa merusak kerja sel tubuh, salah satunya sel pankreas, penghasil insulin. Bila radikal bebas menyerang pankreas atau reseptor insulin, risiko diabetes akan meningkat.

2. Polifenol
Bayam kaya akan polifenol yang juga bertindak sebagai antioksidan. Polifenol adalah salah satu jenis antioksidan yang biasanya terdapat pada tumbuhan seperti sayur, buah, bunga, dan biji-bijian.

3. Magnesium
Bayam mengandung magnesium yang. Kandungan ini dapat membantu menurunkan risiko diabetes karena perannya dalam perbaikan sensitivitas insulin.

4. Asam lemak tak jenuh α-linolenic acid
Sayuran hijau juga merupakan sumber α-linolenic acid (asam lemak tak jenuh) yang baik. Asam lemak tak jenuh pada makanan dipercaya memiliki manfaat positif bagi tubuh, salah satunya dapat mempengaruhi sensitivitas insulin. Hal ini tentu saja sangat baik bagi para penderita diabetes.

Ternyata, bayam kaya akan manfaat, khususnya bagi para diabetesi untuk menjaga pola makan sehat mereka. So, bayam bisa menjadi alternatif yang baik dalam mencukupi kebutuhan asupan sayuran harian Anda. Mari mulai mengonsumsi bayam!

References
webmd.boots.com/diabetes/guide/foods-control-diabetes-blood-sugar
webmd.com/food-recipes/features/25-top-heart-healthy-foods?page=2
webmd.com/diet/ss/slideshow-best-and-worst-appetizers
Carter, P., et. al. 2010. Fruit and vegetable intake and incidence of type 2 diabetes mellitus: systematic review and meta-analysis. BMJ – Online First Edition.


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *