Batasi Hal Ini Agar Diabetes Tak Merusak Mata Anda

21 January 2016

Komplikasi dari penyakit diabetes tidak hanya menyerang jantung dan ginjal saja. Akan tetapi, komplikasi diabetes juga dapat mengakibatkan kerusakan pada mata atau yang dinamakan sebagai retinopati diabetik. Sebagai informasi, retinopati diabetik adalah kerusakan progresif pada bagian pembuluh darah yang terdapat pada retina. Kerusakan ini disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi.

 

Setiap orang memiliki kesempatan untuk menghindari risiko retinopati diabetik dengan melakukan cara mencegah diabetes . Berikut ini adalah cara mencegah diabetes retinopati secara tepat:

 

Kontrol Kadar Gula Darah

Pastikan kadar gula dalam darah Anda tetap stabil. Kontrol gula darah dengan menerapkan pola hidup sehat serta melakukan olahraga secara teratur.

 

Hindari Tekanan Darah Tinggi

Penderita diabetes yang memiliki hipertensi berisiko lebih besar terkena retinopati diabetik. Oleh karena itu, bagi penderita diabetes maupun non-diabetes wajib menjaga tekanan darah agar tetap normal.

 

Kurangi Kebiasaan Merokok

Merokok dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda. Seperti yang kita ketahui, retinopati diabetik merupakan masalah pada pembuluh darah retina. Sedangkan kebiasaan merokok dapat merusak kesehatan pembuluh darah.

 

Hindari Olahraga Ekstrim

Melakukan aktivitas fisik memang baik, tetapi bagi diabetesi yang ingin menghindari risiko retinopati diabetik, sebaiknya konsultasikan dulu jika ingin melakukan latihan beban. Pasalnya, olahraga tersebut jika dilakukan berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya pendarahan di mata. Untuk memilih jenis olahraga yang aman, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda.

 

Periksakan Mata Secara Rutin

Periksa mata Anda secara rutin pada dokter spesialis mata. Apabila ada keluhan, segera sampaikan kepada dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

 

Diabetesi tentu lebih berisiko terkena retinopati diabetik. Oleh karena itu, cobalah untuk mengelola diabetes Anda dengan melakukan pola hidup sehat  dan berjalan kaki setidaknya 150 menit dalam 1 minggu.

 

 

Source:

emedicinehealth.com/diabetic_retinopathy-health/page8_em.htm

webmd.com/diabetes/tc/diabetic-retinopathy-prevention

mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetic-retinopathy/basics/prevention/con-20023311

Diakses pada 18 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *