Ayo Kurangi Garam untuk Turunkan Tekanan Darah!

3 July 2015

Garam seringkali dituduh sebagai penyebab utama hipertensi. Akan tetapi, benarkah garam merupakan penyebab utama tekanan darah tinggi meningkat drastis? Beberapa ilmuwan melakukan penelitan terhadap permasalahan tersebut. Alhasil, konsumsi garam memang berkontribusi meningkatkan tekanan darah. Bahkan, pengurangan konsumsi garam juga terbukti dapat menurunkan darah tinggi. Jadi, sudah siapkah Anda untuk mengurangi garam demi menurunkan atau mencegah risiko hipertensi?

 

The Food and Nutrition Board merekomendasikan asupan garam sehari-hari sebaiknya tidak lebih dari 2.300 mg. Namun, konsumsi garam untuk hipertensi sebaiknya tidak lebih dari 1.500 mg. Ada banyak cara untuk mengurangi konsumsi garam dengan mudah. Berikut adalah tips dan cara mengurangi konsumsi garam untuk menurunkan tekanan darah:

1. Menyiapkan makanan sendiri, karena kita dapat menentukan kadar garam yang digunakan.

2. Mengurangi konsumsi makanan yang dibeli di luar rumah, karena terdapat banyak garam tersembunyi dalam makanan-makanan yang dijual di luar.

3. Melakukan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) dengan mengurangi atau sama sekali tidak menggunakan garam pada makanan yang dikonsumsi. Kemudian, perbanyak konsumsi makanan sehat yang rendah natrium namun tinggi kalium, seperti buah-buahan dan sayuran.

 

DASH merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan darah tinggi. Akan tetapi, usaha untuk mengurangi konsumsi garam ini juga harus didukung oleh gaya hidup yang sehat. Misalnya, kurangi kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol, serta rutin berolahraga untuk membantu usaha penurunan tekanan darah secara efektif.

 

 

Source:
consumer.healthday.com/encyclopedia/high-blood-pressure-24/blood-pressure-news-70/salt-and-hypertension-645421.html
ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22482843


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *