Awas, Kadar Garam Tinggi di Beberapa Makanan yang Tak Terduga!

7 October 2015

Orang yang sudah menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi biasanya memang disarankan untuk membatasi asupan garam bagi tubuh. Hal ini wajar, mengingat garam untuk hipertensi memiliki dampak yang buruk bila dikonsumsi secara berlebihan. Peningkatan tekanan darah bisa dipicu oleh konsumsi garam yang berlebihan.

 

Meski banyak makanan sehat yang praktis, Anda tetap disarankan untuk mencermati konsumsi beberapa jenis makanan ini agar terhindar dari konsumsi garam yang berlebihan:

 

Produk Turunan Susu

Produk turunan susu (dairy product) memiliki kandungan vitamin, kalsium dan mineral yang baik untuk tubuh. Namun, pada beberapa produk tertentu seperti keju dan mentega biasanya sudah ditambahkan garam sebagai pengawet alami sekaligus penambah citarasa.

 

Sayuran atau Sup dalam Kaleng

Sayuran atau sup yang dikemas dalam kaleng menjadi daftar makanan berikutnya yang tinggi kandungan garam. Bahkan, 1 kaleng sup bisa mengandung lebih dari 1.300 mg sodium. Jumlah ini tentu tidak seimbang bagi penderita hipertensi mengingat penderita hipertensi disarankan untuk mengonsumsi kurang dari 1.500 mg sodium setiap harinya.

 

Hidangan Laut dalam Kaleng

Hampir sama seperti sayuran atau sup dalam kaleng, hidangan laut dalam kaleng (misalnya sarden atau ikan tuna) memang dapat membantu memenuhi asupan protein dan vitamin bagi tubuh Anda. Namun, sebaiknya kurangi konsumsi hidangan laut dalam kaleng yang juga tinggi kandungan sodium dan dapat mempengaruhi hipertensi Anda.

 

Masih banyak hidangan lainnya yang mengandung kadar garam yang tinggi dan dapat memperburuk kondisi hipertensi. Mengonsumsi garam untuk hipertensi memang tidak dilarang, akan tetapi sebaiknya jumlah konsumsi garam dibatasi untuk meminimalkan risiko timbulnya hipertensi. Mengonsumsi aneka hidangan segar dengan kadar garam yang rendah akan membantu tekanan darah Anda lebih stabil. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari risiko penyakit stroke.

 

 

Sources:
everydayhealth.com/heart-health-pictures/10-sneaky-sodium-bombs.aspx#01
webmd.com/diet/ss/slideshow-salt-shockers
Diakses pada : 11 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *