Atasi Penyakit Jantung dengan Bawang Putih

30 November 2015

Ketika mendengar kata “penyakit jantung”, hal yang sering Anda bayangkan tentu saja adalah penyakit yang berat dengan biaya pengobatan yang relatif mahal, bukan? Padahal, masih ada cara mengobati penyakit jantung  yang simpel dan efektif yaitu dengan mengonsumsi bawang putih.

 

Benarkah bawang putih dapat membantu mengobati dan mencegah penyakit jantung?

 

Bawang putih tergolong dalam jenis rempah yang sering digunakan untuk menyedapkan masakan. Aroma khas pada bawang putih ternyata berasal dari senyawa allicin yang terkandung di dalamnya. Zat allicin yang terkandung dalam tumbuhan keluarga lili ini memiliki kemampuan untuk membantu menstabilkan kolesterol dalam darah sehingga sangat efektif untuk menangkal serangan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan jantung.

 

Saat kadar kolesterol dalam darah cenderung normal dan stabil, maka risiko terjadinya penumpukan plak atau pengerasan dinding pembuluh darah (atherosclerosis) bisa diminimalkan. Kondisi kesehatan pembuluh darah yang baik juga dapat meminimalkan risiko penyakit stroke, jantung koroner, dan gangguan kesehatan jantung lainnya.

 

Begitu banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengolah bawang putih menjadi hidangan yang lezat. Sebagai pelengkap hidangan tumis atau bahan dasar sambal, bawang putih dapat memberikan aroma dan rasa yang khas. Kelezatan bawang putih juga sering dipadukan untuk membuat roti dan kue bercitarasa gurih.

.

Kesimpulannya, konsumsi bawang putih bisa menjadi salah satu cara paling sederhana dan efektif untuk meminimalkan gangguan jantung. Cara mengatasi penyakit jantung tidak harus sulit dan mahal karena berbagai bahan makanan alami seperti bawang putih pun berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kenali gejala penyakit jantung sedini mungkin agar Anda masih bisa mengatasinya dengan cara yang alami.

 

 

Sources:

cancer.org/treatment/treatmentsandsideeffects/complementaryandalternativemedicine/dietandnutrition/garlic

ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11238800

webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-300-garlic.aspx?activeingredientid=300&activeingredientname=garlic

Diakses pada 22 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *