Atasi Kolesterol dengan Berolahraga

18 September 2015

Olahraga memiliki banyak manfaat positif bagi manusia. Misalnya, untuk membantu proses menurunkan berat badan atau membentuk otot. Namun, tahukah Anda bahwa olahraga juga merupakan salah satu cara mengatasi kolesterol? Nah, bagi Anda yang memiliki masalah dengan kolesterol tinggi, sudah saatnya untuk mengatasi kolesterol tersebut dengan rutin berolahraga!

 

Olahraga merupakan cara mengatasi kolesterol  yang cukup efektif. Dengan berolahraga, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu,  olahrara juga memberikan manfaat lainnya, seperti:

- Kalori akan terbakar saat berolahraga, sehingga dapat menurunkan berat badan dan mengontrol kadar gula darah Anda.
- Efektif menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).
- Mengatur detak jantung Anda secara optimal.
- Melancarkan pernafasan agar oksigen yang masuk ke dalam tubuh Anda lebih banyak.

 

Seperti yang Anda ketahui, obesitas atau kelebihan berat badan dapat mengakibatkan kadar kolesterol jahat (LDL) meningkat sehingga menimbulkan berbagai risiko penyakit kronis. Oleh karena itu, cara mengatasi kolesterol  tidak hanya dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan penurun kolesterol dan menjaga pola makan sehat saja, tetapi juga dapat didukung dengan berolahraga.

 

Olahraga untuk menurunkan kolesterol dapat dimulai dengan berjalan kaki selama 20 menit. Lakukan kegiatan tersebut 4 kali dalam seminggu. Apabila Anda bosan berjalan kaki, Anda dapat mencoba berbagai jenis olahraga lainnya, seperti fitness, senam atau berenang. Sebuah studi yang dipublikasi pada jurnal Clinical Nutrition membuktikan bahwa olah raga aerobik secara rutin setidaknya 10 minggu, diikuti dengan pola makan yang baik dan seimbang, terbukti dapat mengurangi kolesterol total, kolesterol LDL dan juga trigliserida. Jadi, siapkah Anda untuk mengatasi kolesterol dengan berolahraga?

 

 

Source:
cholesterol.about.com/od/exercise/f/exercisemoa.htm
everydayhealth.com/high-cholesterol/fitness-and-cholesterol.aspx
webmd.com/cholesterol-management/features/exercises-to-control-your-cholesterol
Kelley GA, et al. 2012. Comparison of aerobic exercise, diet or both on lipids and lipoproteins in adults: A meta-analysis of randomized controlled trials. Clinical Nutrition. 31: 156-167.
Diakses pada 5 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *