Apakah Harus Menjauhi Makanan Berlemak?

29 June 2015

Lemak. Mendengar satu kata tersebut pasti yang terbayang dalam benak Anda adalah orang berpostur tubuh gemuk dengan timbunan lemak di tubuhnya. Atau bahkan Anda membayangkan jenis makanan berlemak seperti iga sapi, gorengan, atau gulai kambing, kan? Jika Anda memikirkan semua hal tersebut saat mendengar kata “lemak”, maka pikiran Anda tersebut memang tepat. Lemak memang identik dengan obesitas dan makanan yang menyebabkan kolestrol jahat meningkat. Namun, itu bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sama sekali, lho! Tetapi, alangkah baiknya jika Anda mengurangi porsi makanan berlemak dan menggantinya dengan makanan rendah lemak.

 

Tubuh manusia tetap membutuhkan lemak untuk beberapa keperluan. Berikut ini adalah fungsi lemak yang bekerja sebagai nutrisi untuk tubuh:

- Merupakan sumber cadang energi yang tersimpan dalam tubuh manusia.
- Menyalurkan vitamin yang memang larut di dalam lemak, seperti vitamin A, D, E dan K.
- Menekan rasa lapar dengan cara memperlambat pengosongan lambung, sehingga manusia akan merasa kenyang lebih lama.
- Merupakan zat gizi untuk menghasilkan energi.

 

Meskipun lemak dibutuhkan oleh tubuh, namun konsumsi lemak tidak boleh berlebihan dan harus dibatasi. Selain lemak, Anda juga perlu membatasi jumlah kolesterol yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, pemilik kolesterol tinggi disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah lemak agar kadar kolesterolnya dapat terjaga. Mengganti makanan berlemak yang biasa dikonsumsi seperti gulai kambing, sate kambing atau steak dengan makanan kaya serat alami seperti oat juga efektif menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

 

Lantas, apakah Anda harus berhenti mengkonsumsi makanan berlemak? Boleh saja mengonsumsi makanan berlemak, namun sebaiknya lemak yang baik dan harus diimbangi dengan berolahraga. Perbanyak juga konsumsi makanan rendah lemak seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Konsumsi makanan tinggi serat akan membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Apabila kadar kolesterol jahat turun, maka Anda juga terhindar dari risiko penyakit hipertensi dan jantung.

 

 

Sumber:
- tropicanaslim.com/all-about-fat
- tropicanaslim.com/kacang-untuk-jantung-sehat


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *