Apakah Gula Penyebab Utama Diabetes?

23 June 2015

Apa yang Anda bayangkan jika mendengar kata diabetes? Konsumsi gula berlebih? Atau penyakit kencing manis? Kedua jawaban tersebut memang berhubungan dengan penyakit diabetes. Sejatinya, penyebab utama diabates tidak hanya disebabkan oleh gula saja, ada beberapa faktor yang membuat terjadinya gangguan pada produksi hormon insulin, salah satunya adalah kelebihan lemak yang membuat sel tubuh menjadi tidak peka terhadap insulin. Untuk menjauhi suatu penyakit, Anda harus mengenal lebih dalam tentang penyakit tersebut. Bukan karena tak kenal maka tak sayang, tapi harus kenal untuk bisa menghindarinya.

 

Secara medis, penyebab diabetes adalah gangguan yang terjadi pada hormon insulin yang diproduksi oleh organ pankreas. Hormon insulin ini memiliki tugas untuk mengatur metabolisme gula yang terdapat dalam darah. Bagi para penderita diabetes, gangguan yang terjadi pada hormon insulin dapat mengakibatkan kadar gula darah meningkat. Urin penderita diabetes mengandung glukosa yang bisa terdapat dalam gula. Oleh karena itu, diabetes ini juga dikenal dengan kencing manis.

 

Ada beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk mendeteksi penyakit diabetes secara dini, antara lain adalah:

1. Melalui kadar gula darah puasa (Fasting plasma glucose). Apabila kadar gula puasa Anda terbukti lebih dari 100 mg/dL, maka Anda harus waspada terhadap risiko penyakit diabetes.

2. Apabila Anda memiliki riwayat penyakit asam urat, maka Anda harus lebih waspada terhadap risiko penyakit diabetes. Sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Bosnia memaparkan bahwa penderita diabetes mengalami peningkatan serum asam urat. Kenaikkan asam urat ini dapat menjadi salah satu indikator diabetes.

 

Untuk semua pecinta manis, usahakan untuk kurangi mengonsumsi gula berlebih. Anda dapat mengganti gula pasir yang biasa digunakan dengan gula rendah kalori. Gula yang memiliki kalori rendah dapat menjaga berat badan tetap ideal dan menghindari kadar gula dalam darah yang berlebih.

 

 

Sumber:

- tropicanaslim.com/kenali-risiko-diabetes-lebih-dini

- tropicanaslim.com/sugar-101


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *