Apa Manfaat Fitness Bagi Wanita?

21 July 2015

Fitness adalah suatu kegiatan untuk melatih fisik manusia yang juga merupakan bagian dari pola hidup sehat . Namun, beberapa wanita merasa takut untuk melakukan fitness. Alasannya, mereka takut apabila tubuhnya menjadi berotot dan kehilangan estetikanya sebagai wanita. Lantas, benarkah semua kegiatan fitness akan membuat tubuh wanita menjadi berotot bak binaragawan?

 

Seorang relawan American Heart Association (AHA) di Dallas, Melanie McGill, menuturkan bahwa setiap orang membutuhkan latihan fisik, seperti fitness, tidak terkecuali wanita. Intensitas latihan fisik mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang. McGill mengakui bahwa dirinya hampir tidak pernah melakukan fitness maupun latihan fisik lainnya. Alhasil, pada usia 53 tahun, saat ia hendak melakukan perjalanan ski, McGill merasa kehabisan nafas saat mendaki tangga dan merasakan sakit pada punggung bawahnya. Oleh karena itu, McGill menuturkan bahwa para wanita harus memahami pengertian pola hidup sehat dan melakukan latihan fisik, seperti fitness, untuk memperoleh tubuh yang lebih bugar dan sehat.

 

Fitness sangat bermanfaat bagi wanita. berikut adalah beberapa manfaat fitness bagi wanita:

1. Meningkatkan massa otot. Peningkatan massa otot dapat meningkatkan pembakaran kalori yang pada akhirnya membantu mengontrol berat badan

2. Meningkatkan kekuatan tulang dan otot

3. Menurunkan risiko osteoporosis.

4. Menurunkan risiko cidera

5. Daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

6. Menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

 

Fitness dapat membantu Anda, khususnya para wanita, dalam menjalankan pola hidup sehat. Tak perlu khawatir akan menjadi kekar dan berotot karena hormon yang bertanggung jawab dalam peningkatan massa otot pada tubuh wanita jauh lebih sedikit dibanding pria. So ladies, tak usah takut untuk melakukan latihan fisik yang satu ini!

 

 

Source:
webmd.com/women/features/healthy-life-fitness-needs-every-decade-womans-life
healthline.com/health/pregnancy/first-trimester-exercise-fitness#YogaandRelaxationTechniques7
Diakses pada 14 Januari 2015

 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *