Apa Itu “Eat Clean”?

16 September 2015

Bagaimana cara diet yang Anda jalankan? Apakah menghitung jumlah kalori dalam makanan yang dikonsumsi atau tidak makan sama sekali? Lupakan cara-cara tersebut karena Anda dapat menurunkan berat badan dengan eat clean. Beberapa orang yang telah mencoba metode ini berhasil menurunkan berat badan 1-2 kilogram dalam seminggu. Apakah Anda berminat menerapkan prinsip eat clean?

 

Tips diet dengan menggunakan metode eat clean adalah mengutamakan asupan nutrisi dan berfokus pada konsumsi makanan seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, protein (rendah lemak / lean protein), dan lemak sehat.

 

Selain itu, tips diet eat clean juga menyarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, makanan instan dan kemasan, ataupun yang sudah mengalami proses pengolahan yang panjang seperti tepung putih dan gula pasir.

 

Secara lebih terperinci, diet eat clean memiliki beberapa poin penting yang harus dijalankan, antara lain :

1. Makan sebanyak 6 kali sehari dengan porsi lebih kecil di mana masing-masing porsi mengandung sekitar 200-300 Kal

2. Selalu sempatkan untuk sarapan pagi satu jam setelah bangun tidur

3. Pastikan untuk mengonsumsi protein, secara khusus sumber protein yang lebih rendah lemak / lean Sebagai contoh, dalam memilih daging ayam, pilihlah bagian dada umumnya mengandung lemak lebih sedikit dibandingkan dengan paha. Dengan berat yang sama, daging ayam paha mengandung lemak 3x dibandingkan dengan daging ayam bagian dada.

4. Konsumsi karbohidrat kompleks dalam setiap porsi makanan Anda.

5. Membatasi konsumsi lemak dan tentunya memilih jenis lemak sehat seperti yang ada pada ikan, alpukat, minyak jagung, minyak kanola, maupun minyak zaitun.

6. Perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin dan nutrisi

7. Minum 2-3 liter air putih setiap hari

 

Mengonsumsi makanan untuk diet  eat clean tak hanya membantu Anda mencapai berat badan ideal saja, tetapi juga membuat mata lebih cerah serta membuat gigi dan gusi menjadi lebih sehat. Di samping itu, eat clean juga membantu Anda dalam memelihara kesehatan tubuh sehingga terhindar dari risiko berbagai macam penyakit.

 

Namun, penting juga untuk diingat, agar program penurunan berat badan Anda menjadi lebih optimal, kombinasi dengan aktivitas fisik juga menjadi sangat penting! Jadi jangan lupa untuk selalu tetap aktif meskipun sedang melakukan diet ya.

 

Source:
emaxhealth.com/12587-no-need-to-diet-for-weight-loss-eat-clean
webmd.com/diet/eat-clean-diet
http://www.webmd.com/diet/eat-clean-diet-review?page=3
Diakses pada 4 Maret 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *