Apa Hubungan Diabetes dan Tekanan Darah Tinggi?

13 July 2015

Tekanan darah tinggi sering mempengaruhi kondisi penderita diabetes. Bagaimana keduanya bisa saling berhubungan? Pada tahun 2002, The American Diabetes Association mengadakan survey untuk mengetahui hubungan tekanan darah tinggi dan diabetes. Hasilnya, 68% penderita diabetes tidak menyadari bahwa risiko penyakit jantung mereka meningkat karena masalah hipertensi yang cukup kronis.

 

Hipertensi dikenal sebagai silent killer. Pasalnya, orang sering menganggap remeh hasil tekanan darah tinggi dan memilih untuk mengabaikannya. Padahal, tekanan darah tinggi berkontribusi terhadap komplikasi penyakit yang serius, seperti diabetes. Menurut American Diabetes Association, penderita diabetes yang memiliki hipertensi lebih berisiko terkena penyakit jantung atau stroke. Dalam penelitian yang dilakukan dalam satu dekade terakhir, ditemukan bahwa pasien diabetes tipe 2 yang berusaha menurunkan tekanan darahnya memiliki risiko kematian yang lebih kecil.

 

Baik penderita diabetes maupun seseorang yang dalam kondisi sehat harus lebih waspada dalam menyikapi hubungan diabetes dan tekanan darah tinggi ini. Usaha mengurangi konsumsi gula dan kalori juga harus diimbangi dengan pengurangan garam. Berikut ini adalah tips sehat bagi penderita diabetes yang memiliki hipertensi:

1. Lakukan pengecekan terhadap tekanan darah secara rutin untuk memastikan Anda tidak terkena hipertensi.
2. Batasi penggunaan gula dan garam pada makanan yang dikonsumsi.
3. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter.
4. Olahraga secara teratur untuk menghindari obesitas. Obesitas juga berkontribusi pada kenaikan tekanan darah Anda.
5. Kurangi konsumsi minuman beralkohol.
6. Konsumsi obat diabetes atau hipertensi yang diberikan oleh dokter secara teratur.

 

Tips sehat ini tidak hanya harus diterapkan pada penderita diabetes saja. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin mengurangi risiko diabetes dan hipertensi, tips tersebut juga dapat membantu usaha Anda untuk menghindari diabetes dan tekanan darah tinggi.

 

 

Source:
webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/guide/high-blood-pressure
healthline.com/health/type-2-diabetes/hypertension#2
Diakses pada 25 November 2014


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *