Antara Makanan yang Digoreng dan Penyakit Jantung

15 February 2016

Makanan yang digoreng seperti, kentang goreng, fried chicken dan aneka gorengan, merupakan hidangan favorit yang mudah disajikan. Namun, penderita penyakit jantung tampaknya harus mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut. Pasalnya, makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko gagal jantung. Bagaimana itu bisa terjadi? Yuk, simak penjelasannya!

 

Cara mengobati penyakit jantung tidak hanya dilakukan dengan berolahraga atau mengonsumsi obat dan makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Mengurangi konsumsi makanan yang digoreng juga merupakan cara mengobati penyakit jantung yang sederhana. Studi yang dipimpin oleh Dr. Luc Djousse, profesor kedokteran di Harvard Medical School di Boston, memberikan hasil sebagai berikut:

- Orang yang mengonsumsi makanan gorengan sebanyak 1-3 kali dalam seminggu memiliki risiko gagal jantung sebesar 18%

- Orang yang mengonsumsi makanan gorengan sebanyak 4-6 kali dalam seminggu memiliki risiko gagal jantung lebih besar, yakni 25%

- Orang yang mengonsumsi makanan gorengan sebanyak 7 kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko gagal jantung lebih tinggi dari kedua golongan sebelumnya, yakni 68%

 

Makanan yang digoreng mengandung lemak trans atau asam lemak jenuh. Kedua kandungan tersebut berkontribusi dalam meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL). Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, kolesterol tinggi adalah salah satu penyebab penyakit jantung. Oleh karena itu, pasien penyakit jantung sebaiknya menghindari faktor-faktor yang dapat meningkatkan kolesterol, seperti menghindari konsumsi makanan yang digoreng.

 

Cara mengobati penyakit jantung  dapat dilakukan dengan sederhana, seperti mengubah kebiasaan konsumsi makanan yang digoreng. Lakukan diet sehat dengan mengkonsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk memelihara kesehatan jantung dan mengurangi risiko gagal jantung.

 

 

Source:

webmd.com/diet/20120124/fried-food-no-heart-disease

healthywomen.org/content/ask-expert/1590/fried-foods-and-heart-disease

webmd.com/heart-disease/heart-failure/news/20150303/fried-foods-tied-to-raised-heart-failure-risk

Diakses pada 6 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *