Aneka Jus Ini Bantu Turunkan Darah Tinggi

9 November 2015

Jus merupakan salah satu jenis minuman sehat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan serat dan vitamin tubuh Anda. Lebih dari sekadar bervitamin dan kaya serat, ternyata aneka jus buah dan sayur tertentu juga bisa membantu menstabilkan tekanan darah Anda, lho.

 

Jus apa saja yang bisa menjadi asupan makanan penurun darah tinggi?

 

Jus Buah Kiwi

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menyatakan bahwa konsumsi 3 buah kiwi per hari selama 8 minggu ternyata mampu menurunkan tekanan darah systolic rata-rata 3.6 millimeter. Kandungan lutein dalam kiwi adalah salah satu zat alami yang membantu kestabilan tekanan darah. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi pada buah kiwi dapat mengimbangi efek kenaikan tekanan darah akibat sodium yang tinggi.

 

Jus Seledri

Seledri adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki aroma yang sangat kuat. Studi pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa konsumsi jus seledri memiliki efek menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, hingga saat ini, seledri banyak digunakan untuk terapi penyakit tekanan darah tinggi. Kandungan kalium dan antioksidan yang tingi membantu menstabilkan tekanan darah.Adapun jenis seledri yang baik untuk di jus adalah yang memiliki batang besar. Agar jus seledri terasa lebih nikmat, Anda bisa mencampurnya dengan wortel atau apel untuk memperkaya rasa.

 

Jus Buah Bit

Tidak hanya memiliki warna yang sangat cantik, buah berwarna merah pekat ini juga menjadi salah satu “superfood” yang baik bagi penderita hipertensi. Peneliti Queen Mary, Universitas London menemukan bahwa pada orang hipertensi, konsumsi 250mL jus bit terbukti menurunkan tekanan darah secara signifikan dalam waktu 24 jam. Kandungan nitrate pada buah bit akan dicerna tubuh dan diubah menjadi nitric oxide yang mampu membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks. Pembuluh darah yang lebih rileks membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan risiko tekanan darah tinggi bisa diminimalkan.

 

So, jangan ragu lagi untuk menikmati kesegaran jus kiwi, jus seledri, dan jus buah bit untuk menstabilkan tekanan darah. Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk menikmati aneka jus sehat ini setiap hari.

 

 

Source:

healthday.com/circulatory-system-information-7/blood-pressure-news-70/got-high-blood-pressure-kiwi-fruit-may-help-658925.html

http://health.clevelandclinic.org/2015/04/celery-may-help-bring-your-high-blood-pressure-down/

Study on hypotensive and vasodilatory effects of celery juice. 2007.CNKI Journal. (access: http://en.cnki.com.cn/Article_en/CJFDTOTAL-SPKX200701082.htm)

Sekarindah T, Rozaline. 2006. Terapi jus buah & sayur. Niaga Swadaya.

medicalnewstoday.com/articles/277432.php

medicalnewstoday.com/articles/259113.php?sr

Diakses pada : 15 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *