Alternatif Pengganti Gorengan yang Populer

17 March 2016

Hampir sebagian besar orang Indonesia menyukai makanan yang digoreng, seperti gorengan, fried chicken, dan kentang goreng. Namun, gorengan dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Makanan yang digoreng mengandung kalori dan asam lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena ada makanan alternatif yang lebih sehat dan dapat menggantikan gorengan.

 

Alternatif pengganti gorengan tentu adalah makanan rendah lemak  yang tidak digoreng. Makanan rendah lemak yang dapat menggantikan gorengan di antaranya adalah:

 

Ubi Panggang Menggantikan Kentang Goreng

Satu porsi kentang goreng mengandung 231 kalori dan 12 gram lemak. Anda dapat menggantinya dengan ubi yang dipanggang dalam oven. Satu porsi ubi panggang hanya mengandung 30 kalori dan 3,5 gram lemak.

 

Ayam Panggang Menggantikan Fried Chicken

Ayam goreng yang menjadi menu utama di restoran cepat saji sarat akan lemak jenuh dan kalori yang tinggi. Oleh karena itu, Anda dapat menggantinya dengan ayam panggang yang tak kalah lezat. Alternatif makanan pengganti fried chicken ini dapat memangkas hingga 110 kalori dan 7 gram lemak dari konsumsi fried chicken.

 

Ikan Tim dan Panggang Menggantikan Fish and Chips

Siapa yang tak kenal menu makanan fish and chips? Seporsi ikan dan keripik kentang goreng tersebut mengandung 200 kalori dan 12 gram lemak. Alternatif pengganti fish and chips adalah olahan ikan yang ditim atau dipanggang dengan gandum.

 

 

Mengganti gorengan dengan makanan rendah lemak adalah salah satu cara mengatasi kolesterol  yang cukup jitu. Selain itu, jika Anda ingin menggunakan minyak goreng untuk proses menumis misalnya, pilihlah minyak yang lebih tinggi asam lemak tidak jenuhnya seperti minyak canola atau minyak jagung yang lebih sehat.

 

 

Source:

healthcastle.com/fried_foods.shtml

webmd.com/diet/no-fry-fried-foods

Diakses pada 24 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *