Alternatif Makanan Rendah Lemak

11 June 2015

Saat melakukan diet, sebagian besar orang hanya mengurangi jumlah karbohidrat atau protein yang dikonsumsi. Padahal, kalori yang tersimpan di dalam makanan berlemak tidak kalah banyaknya. Satu-satunya solusi untuk dapat melakukan diet sehat yang tepat adalah mengonsumsi makanan rendah lemak pula. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua makanan berlabel rendah lemak itu benar-benar mengandung lemak yang rendah.

Lantas, bagaimana cara memilih makanan rendah lemak yang tepat? Berikut adalah alternatifnya:
● Granola yang renyah dan sehat dapat dibuat dengan menggunakan oat yang dipanggang pada suhu 350oC selama 30 menit. Kemudian, tambahkan campuran kacang-kacangan, buah-buahan dan biji-bijian sebagai pelengkap.
● Tumisan biji-bijian dan sayuran menggunakan minyak yang sangat sedikit juga dapat menjadi alternatif makanan rendah lemak.
● Panggang sayuran, seperti brokoli, jamur, paprika merah dan bawang putih. Lalu, campur semua sayuran panggang tersebut dengan minyak zaitun, cuka dan merica.
● Putih telur tanpa menggunakan kuning telur.
● Daging sapi atau ayam yang bebas lemak (buang kulitnya). Lalu, olah daging tersebut dengan cara direbus atau dipanggang tanpa menggunakan mentega. Gunakan saja rempah-rempah sebagai bumbu.

Selain itu, buah dan sayur juga termasuk makanan rendah lemak. Cobalah untuk rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran saat sedang menjalani diet sehat. Mengurangi konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng juga dapat mendukung usaha diet rendah lemak yang Anda jalankan.


Source:
cancer.org/healthy/eathealthygetactive/takecontrolofyourweight/low-fat-foods
webmd.com/diet/features/filling-up-on-low-fat-food?page=2


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *