11

Semua Hal mengenai Kalori

  

All About CaloriesTahukah Anda kalau keseimbangan dari jumlah kalori yang dikonsumsi berhubungan langsung dengan kesehatan kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas semua hal mengenai kalori. Mulai dari pengertian sebenarnya dari kalori, sumber kalori, sampai efek ketidakseimbangan kalori yang dikonsumsi terhadap kesehatan. Temukan semuanya di sini..

Apa itu Kalori?
Kalori merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan jumlah energi. Pada umumnya kalori digunakan untuk menunjukkan jumlah energi yang terkandung dalam makanan. Kalori dapat diperoleh dari asupan nutrisi yang mengandung nutrisi, seperti karbohidrat, lemak, protein, dan alkohol1,2.

Apa pentingnya mengenal kalori?
Jumlah kalori dalam makanan diperlukan untuk memperhitungkan keseimbangan energi. Apabila jumlah kalori yang dikonsumsi lebih kecil dari kalori yang digunakan, berat badan akan berkurang karena cadangan energi dari lemak akan digunakan. Sebaliknya, apabila jumlah kalori yang masuk lebih besar dari kalori yang digunakan, berat badan akan meningkat. Kelebihan energi pun akan disimpan sebagai lemak. Adapun penumpukan lemak yang berlebihan dapat meningkatkan resiko terjadinya hipertensi, obesitas, penyakit jantung, stroke, dan diabetes1. Karena itu, asupan kalori perlu dikontrol untuk menjaga berat badan dan mencegah terjadinya penyakit metabolik.

Apa yang perlu Anda ketahui mengenai sumber kalori?
Tubuh membutuhkan energi (yang disebut kalori) dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Pembagian kalori yang seimbang mengacu pada Piramida Makanan. Gambar di bawah ini menunjukkan pola konsumsi umum dengan Piramida Makanan yang mengacu pada Departemen Kesehatan RI3.

Piramida makanan menggunakan klasifikasi grup makanan dan mengatur jumlah serving size yang harus dikonsumsi sesuai dengan total kalori yang dikonsumsi per individu3. Kebutuhan kalori harian tiap individu berbeda-beda. Namun, secara umum Departemen Kesehatan RI menetapkan kebutuhan kalori individu sebesar 2000 kkalori/hari.
Ada tiga sumber energi utama yang dapat diperoleh dari makanan, antara lain karbohidrat, lemak, dan protein.

a. Karbohidrat

  • Satu gram karbohidrat setara dengan 4 kkalori.
  • Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh.
  • Angka Kebutuhan Gizi harian untuk karbohidrat sebesar 300 gram. Adapun kebutuhan serat hendaknya dipenuhi sebanyak 25 gram setiap hari3.
  • Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih sumber karbohidrat, yaitu Indeks Glikemik. Indeks Glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi suatu bahan pangan untuk meningkatkan kadar glukosa darah. Semakin tinggi nilai Indeks Glikemik, semakin cepat bahan makanan tersebut meningkatkan kadar gula darah4.
    Contoh makanan yang memiliki indeks glikemik (IG) tinggi antara lain gula, glukosa, dan minuman manis. Sedangkan makanan dengan IG rendah yaitu nasi merah, pasta, dan roti gandum. Adapun makanan dengan IG rendah memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga dapat mencegah asupan kalori berlebihan. Selain itu, makanan dengan IG rendah tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara drastis sehingga cocok untuk penderita diabetes5.
  • Konsumsi karbohidrat sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan karena kadar glukosa yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan penyakit diabetes. Selain itu, karbohidrat yang berlebih akan diubah dan disimpan menjadi lemak di dalam tubuh.

b. Protein

  • Satu gram protein setara dengan 4 kkalori.
  • Protein memiliki peranan penting dalam metabolisme dan pembentukan tubuh manusia. Protein merupakan zat pembangun sel dan berperan dalam memperbaiki bagian tubuh yang rusak. Protein pun merupakan nutrisi untuk mendukung pembentukan otot serta berperan dalam metabolisme tubuh serta sistem imun selain berperan sebagai sumber energi.
  • Angka Kebutuhan Gizi harian untuk protein sebesar 60 gram.
  • Sumber protein dibagi menjadi dua, yaitu sumber hewani dan nabati.
    Hewani : daging sapi, ayam, ikan, telur, dan susu
    Nabati : kacang-kacangan, tempe, tahu

c. Lemak

  • Satu gram lemak setara dengan 9 kkalori.
  • Lemak berfungsi sebagai cadangan energi dan pelindung organ tubuh.
  • Kelebihan kalori dari asupan makanan akan disimpan sebagai cadangan energi. Karena itu, konsumsi karbohidrat atau protein yang berlebih akan diubah tubuh menjadi lemak.
  • Angka Kebutuhan Gizi harian untuk lemak sebesar 62 gram. Adapun konsumsi kolesterol dibatasi agar tidak melebihi 300 mg per hari3.
  • Asupan lemak harian perlu diperhatikan. Pasalnya, kelebihan asupan lemak mengakibatkan penumpukan lemak yang memicu obesitas dan peningkatan kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu penyakit jantung koroner yang berakibat pada kematian.
  • Ada dua jenis sumber lemak, yaitu sumber lemak “baik” dan lemak “jahat”. Perbanyaklah konsumsi sumber lemak baik dan kurangi konsumsi lemak jahat karena lemak jahat dapat memicu resiko penyakit yang lebih fatal.
    Sumber lemak “baik” : ikan, sumber nabati seperti kacang-kacangan, kedelai, zaitun
    Sumber lemak “jahat” : jeroan, gorengan, mentega, trans-fat pada margarin, lemak di daging

Penggunaan Kalori
Kalori diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Berikut adalah jumlah perkiraan kalori yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas pada responden dengan berat badan 60 kilogram.

All-About-Calories-table1

Berikut adalah perkiraan keseimbangan kalori antara makanan yang dimakan dengan aktivitas (satuan kalori dalam kkal).

All-About-Calories-table2

Pengaturan kalori sangatlah penting. Pengaturan keseimbangan kalori yang baik dapat membantu Anda mempertahankan pola hidup sehat, berat badan ideal dan mencegah penyakit metabolik di kemudian hari. Bagaimana dengan pengaturan kalori Anda? Mulailah hidup sehat dengan pengaturan kalori yang baik! Tropicana Slim merupakan serangkaian produk sehat, rendah kalori, bebas gula dan bercitarasa tinggi yang menginspirasi konsumen untuk hidup sehat lebih lama.

References:

  1. Whitney, E. and S. R. Rolfes. 2005. Understanding Nutrition. USA: Wadsworth.
  2. Boyle, M.A and S. Long. 2010. Personal Nutrition. USA: Wadsworth.
  3. BPOM. 2007. Acuan Label Gizi Produk Pangan.
  4. Monro, J.A, and M. Shaw. 2008. Glycemic Impact, Glycemic Glucose Equivalents, Glycemic Index, and Glycemic Load: Definitions, Distinctions, and Implications. American Journal of Clinical Nutrition87 (1): 237S-243S.
  5. Asian Food Information Centre. 2010. Calorie Expenditures Through Exercise and Other Activities. Available from http://www.afic.org/Burner.htm. Accessed 21 June 2010.
Tags: , , , , ,

RELATED POST

Menghindari Hipertensi: Bagaimana Trik Mengurangi Konsumsi Garam?
All You Need to Know about Hypertension
Chilly Beef Corn Carne

56 Responses to Semua Hal mengenai Kalori

  • subandrio says:

    dibawah kolom “energi yg dibutuhkan” apa betul satuannya kkal (kilo kalori) ?? tidur 65 kkal buset defisit energi semua ..Thx

  • admintropicana says:

    @Subandrio : Pertanyaanmu sudah dijawab via email ya. Silahkan di check.

    Salam,
    Tropicana Slim

  • Niko says:

    jadi agar seimbang dengan aktivitas sehari-sehari,berapa kali asupan makanan yang dikonsumsi dalam sehari?terutama bagi saya yang ingin menaikan berat badan secara sehat

    Terima kasih

  • admintropicana says:

    @Niko : Penjelasannya Tropicana Slim kirim via email ya. Terimakasih.

    Salam,
    Tropicana Slim

  • angela sutama says:

    Berbagai macam produk pemanis dari Tropicana, saya lihat di ingredients nya memakai asphartam. Bukankah bahan tsb berbahaya / tidak direkomendasikan?

  • admintropicana says:

    @Angela : Penjelasan seputar aspartame sudah kami kirimkan via email ya. Silahkan di check.

    Salam,
    Tropicana Slim

  • ari savero says:

    aq laki2 ingin kurus tanpa olahraga…
    Dan yg ku keluhkan kenapa pahaku kaya cwek ya,q umur 22

  • admintropicana says:

    @Ari : Tips untuk mengatasi masalahmu Kami kirim via email ya.

    Salam,
    Tropicana Slim

  • sihoe hoerudin says:

    mau tanya kalau 1kkal sama dengan berapa kalori ?

  • Haris Irani says:

    Bagaimana cara mengecilkan perut (lingkar perut). Trima kasih.

  • ika says:

    apakah olahraga yang berblebihan itu malah ngga bisa membakar lemak? lalu, bagaimana olahraga yang benar itu? dan bagaimana supaya lemak bisa terbakar atau berkurang? terima kasih

    • admintropicana says:

      @Ika : Olahraga berlebih memang tidak Kami anjurkan karena dapat memberi efek terlalu lelah pada tubuh. Informasi seengkapnya, silahkan check di emailmu ya :)

      Salam,
      Tropicana Slim

  • tety sulelino says:

    kadar gula sewaktu saya semula 268, turun menjadi 162 setelah 3 minggu diet dan mengkonsumsi susu diabetamil dan cookiesnya, setelah melihat ingredientnya saya melihat kalori dari lemaknya cukup tinggi, sekitar 90 kkal dari 250 kkal sekali konsumsi, apakah itu aman untuk saya yang juga kolesterol jahatnya tinggi, namun trigliserida normal? tks

  • indra says:

    admin mau tanya dong,,..
    tiap orang kan punya kebutuhan kalori masing2.. kelebihan kalori per harinya yang masih diperbolehkan itu berapa kkal?? ato tiap hari harus mengkonsumsi kalori TEPAT sesuai kebutuhan?? oiya kalo kolesterol kan mau gak mau tetap masuk dalam tubuh.. maksimal kolesterol per hari tuh berapa??

    • admintropicana says:

      @Indra : Benar sekali bahwa setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda tergantung usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan dan aktivitas sehari-hari. Info selengkapnya kami kirim via email ya..

      Salam,
      Tropicana Slim

  • ary says:

    admin mau tanya dong,,..
    saya belum ngerti dengan kalori, jumlah kalori itu harus dipenuhi dengan makanan atau maksud kalori itu untuk keseimbangan apa yang kita makan dengan aktivitas yang kita lakukan?, sya makahan teratur tetapi hampir gak pernah olahraga(lari,jogging) gimana caya biar tubuh tetap sehat?

  • riareey says:

    Assalamualaikum wr wb. saya wanita 22 tahun, berat badan 43 kg, tinggi badan 163 cm. aktivitas kuliah biasa . jarang Olah raga. saya ingin melakukan diet penggemukan berat badan s/d 48-50 kg.. kira2 diet makanan seperti apa yang bisa saya konsumsi per harinya. bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori saya serta rekomendasi suplemen at makanan tambahan yang bisa membantu. terimakasih

    • admintropicana says:

      @Riareey: Untuk menambah berat badan secara sehat ada tiga kunci Utama, yaitu :
      1. Pengaturan pola makan/Nutrisi,
      2. Olahraga teratur, dan
      3. Istirahat yang cukup
      Penjelasan selengkapnya, Kami kirim via email ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  • Fian says:

    Saya membaca beberapa artikel di dalam situs ini. Ada beberapa pertanyaan, semoga Admin bisa memberikan penjelasan. Terima kasih.

    1. Waktu usia 20 tahun, gula darah saya tinggi. Tapi setelah menjalani pengaturan pola makan dan olahraga, kemudian turun lagi. Sekarang usia saya 23 tahun, apa risiko gula darah tinggi itu akan kembali muncul?

    2. Aktivitas/olahraga apa yang dapat membantu menghilangkan lemak di perut, paha, betis, dan pipi?

    3. Ayah saya (58 tahun) menderita tekanan darah tinggi. Bagaimana pengaturan pola makan dan tidur yang baik dalam satu hari?

    • admintropicana says:

      @ Fian : Risiko kembalinya gula darah sangat bergantung dari pola hidup yang kamu jalani. Untuk pola hidup sehat mempunyai 3 pondasi utama yaitu nutrisi yang tepat, olahraga yang teratur, serta manajemen stress yang optimal. Info selengkapnya Kami kirim via email ya. Silahkan di check

      Salam,
      Tropicana Slim

  • Dina says:

    Saya wanita umur 23 tahun dengan tinggi 153 dan bb 63..
    Aktivitas lumayan padat, jd saya kurang sempat melakukan olah raga secara rutin.. Kendala saya ada di paha dan betis yg lumayan besar, kira2 apa yg yg harus saya lakukan untuk mengecilkannya dan makanan apa saja yg baik untuk dikonsumsi dalam keseharian serta jumlah takarannya..
    Ditunggu jawabannya min..
    Terimakasih.. :)

    • admintropicana says:

      @Dina : Jika Kami lihat dengan kondisimu saat ini maka yang sebaiknya kamu lakukan ialah menurunkan berat badan terlebih dahulu, setelah ideal baru lanjutkan dengan pembentukan tubuh. Info selengkapnya check email mu ya :)

      Salam,
      Tropicana Slim

  • Loret says:

    pagi admin..

    aku mau tanya nh, aku perempuan umur 21 tahun bb 64.

    dulu aku rutin olahraga, sehingga berat badan ku ideal,
    tapi sekarang waktu buat olahraga kurang, dan nafsu makan juga bertambah,
    sampe mengalami kegemukan, terutama terlihat di bagian paha,betis, pipi dan perut.

    gimana ya caranya biar lemak bisa cepat terbakar.?
    dan gimana komposisi makanan yang baik untuk tubuh,?

    • admintropicana says:

      @Loret : Untuk membakar lemak yang perlu kamu lakukan ialah mengontrol pola makan dan melakukan olahraga secara rutin. Info selengkapnya Kami kirim via email ya :)

      Salam,
      Tropicana Slim

  • meisyaffitri says:

    admin mau tanya katanya alpukat mengandung omega 9 yg baik buat menurunkan kolesterol, dari beberapa artikel yg saya baca kebutuhan omega 9 itu 10% dari kilojoule lemak harian, bearti berapa gram kebutuhanny dlm tubuh ?

    • admintropicana says:

      @Meisya: Konsumsi omega-9 tidak diatur secara spesifik jumlahnya, melainkan dihitung sebagai kebutuhan konsumsi lemak. Info selengkapnya check emailmu ya.

      Salam,
      Tropicana Slim

  • omega says:

    Dear admin,

    Saya pria 25th dengan tb 170 dan berat 72. Berapakah berat ideal saya? Saat ini saya merasa kegemukan karena pekerjaan membuat waktu berolahraga berkurang (1 minggu sekali) dan suka makan. Bagaimanakah komposisi makanan dan berapakah frekuensi olahraga yg harus dilakukan untuk menurunkan berat badan ke posisi ideal?

    • admintropicana says:

      @Omega: Untuk tinggi badan 170 cm maka berat badan idealmu ialah kisaran 63 kg. Saran selengkapnya kami kirim via email ya :)

      Salam,
      Tropicana Slim

  • Kito says:

    Saya pria 24 th dengan tb 170 dan berat 50. Berapakah berat ideall saya? Saya berusahaa menaikan berat badan mentok pada 54 kg. 3-5 hari kemudian berat badan saya akan turun kembali (fluktuatif). Makanan apa dan kegiatan apa yang harus saya lakukan dan kurangi? Saya bekerja senin-jumat office hour. Dan weekend sering kali keluar rumah untuk pergi. Mohon pencerahannya yah.

    • admintropicana says:

      @Kito: Untuk tinggi badan 170 cm maka berat badan idealmu ialah kisaran 53-66 kg. Saran selengkapnya kami kirim via email ya :)

      Salam,
      Tropicana Slim

  • Sheryna says:

    Saya remaja putri dengan bb 62 bagaimana cara untuk mengecilkan tubuh/menurunkan berat badan tanpa harus berolahraga ya?

  • noer says:

    dear admin..
    bener gak sih suplemen penurun berat badan tu bisa menyebabkan efek ketergantgan, kalo kita tdk mengkonsumsinya nti bs gemuk lg, oh ya tinggi saya 158 dan bb 75, umur 30th, ibu rt dgn 2 anak. berapa bb ideal saya? trus olah raga apa yg cocok buat saya?thanks

  • inda says:

    Kak gmana sih
    Cara sehat mengurangi berat badan itu ?
    Khususnya lemak bagian perut . Paha . Betis
    (*_*)

  • risti says:

    saya wanita berumur 30 th dg tinggi 148 dan berat badan 68 kg. Sudah dua bulan ini, saya rutin jogging dan tidak makan malam, tetapi saya bingung berat badan saya tidak turun juga. Padahal saya rutin stiap hari slama 1jam berolahraga dan kadang-kadang minum susu tropikana slim di pagi hari, tetapi saya juga sarapan nasi. Apakah hal itu penyebab berat badan saya tidak turun? Dan bagaimanakah saya harus mengatur pola makan saya?

  • lidya says:

    saya mau tanya, kan 1gr karbohidrat itu menghasilkan 4 kalori, itu perhitungannya darimana ya? kenapa didapatkan 4?

  • ara says:

    hallo tropicanaslim. jdnya kalori yang baik itu yang sesuai sama aktivitas yah?. tapi kan agak ribet yah setiap mau makan atau apa harus ngukur berapa gramnya. ada cara mudahnya?. trus untuk yang popcorn setara dengan 65 menit berenang itu maksudnya gimana yah? .. jd yang baik itu semua yang kita makan rendah kalori ya?

  • Julius Tzar says:

    bisa tolong dijelaskan bagaimana porsi makan dan gaya hidup untuk badan yang lebih berisi ??
    terimakasih

  • Felix says:

    Kkal itu apa ? apakah sama dengan kalori ?
    Karena saya melihat, pada table 1, Berenang 1 jam di butuhkan energi kurang lebih 580 kkal. Pada table 2, makan 100 gram popcorn dengan mentega sama dengan kurang lebih 528 kalori setara dengan 65 menit berenang gaya bebas (kurang lebih 1 jam). Saya kurang mengerti di bagian itu. Tolong penjelasannya !! Maaf sebelumnya..

  • Santo says:

    Halo Admintropicana,

    Mau tanya donk, kalau kerjaan sebagai programmer, bisa dikategorikan kerjannya hampir duduk terus dan tidak olahraga rutin. Apakah dengan diet khusus pengurangan kalori yang masuk dapat membuat berat badan turun?

    Thanks,
    Santo

  • Rima says:

    Salam…
    Slamat sore… Saya mau tanya, bagai mana cara menurunkan berat badan yg aman, dan cepat? Karena sy sudah coba berbagai macam cara, kenapa susah sekali turun bb saya, padahal saya msh muda, umur sy 21th, tinggi bdn sy 163cm… Tlong d beri masukan dan saran untuk saya… Trimakasih…

    • Rima says:

      Maaf sy lupa tulis bb saya… Berat badan saya saat ini 65kg… Saya merasa gemuk… Bagai mana cara saya diet yg aman dan cepat… Trimakasih…

  • ulfa ginting says:

    Apakah semua kalori itu baik, adakah kalori yg bersifat jahat seprti lemak ?
    Seandainya ada apakan juga dpt digunakan semaksimal kalori baik ?

  • sapta says:

    mau tanya cara meningkatkan berat badan gimana ya? sya tinggi 174cm berat cuma 54kg. pinginnya sih berat 60kg ,kira2 apa ya yang harus dibutuhkan buat pertumbuhan berat saya supaya maksimal?atau untuk makanan yang hrus saya makan agar bisa total kalori 2500kkal itu apa aja ya?

  • rully says:

    dear tim,
    kandungan kalori yg tertera di gula 2,5 gr 5kkal = 5000 kalori, setara dg 2sendok teh gula biasa = 40 kalori….artinya gula tropicana jauh lebih besar kalorinya dong 5000 kal vs 40 kal…mohon penjelasan

  • sunggu sihotang says:

    Dear http://www.tropicanaslim.com/all-about-calories
    Saya mau bertanya nih
    sewaktu saya main tennis meja 30 menit saya merasa pengen makan makanan yang banyak di karenakan habis olahraga.
    dan itu saya lakukan berulang kali makanya tubuh saya tetap saja gemuk.apakah sehabis olah raga kita ga bisa makan.tolong responnya ohm/tan

  • ani says:

    Berapa kalori yg saya butuhkan setiap harinya dg bb 65 tinggi152.Tolong bantu kasih menu dan macam olah raga supaya bisa mencapai berat ideal. Terimakasih.

  • rizal krisdiyanto says:

    berapah makanan dalam 1hari agar energinya terpenuhi

  • fitri says:

    saya penderita diabetes, mau taya dong karena saya bekerja secara ideal tdk bisa setiap saat saya memakan makanan yang dibuat dari rumah misalnya saya jajan. seperti mie bakso atau saya makan empek empek atau bakpao atau apalah bagaimana saya tahu seberapa banyak asupan makanan tersebut yang boleh saya saya makan

  • faisal says:

    itu bener tidur 65 kkal ? kirim penjelasannya dong via email

  • KiMu says:

    jadi agar seimbang dengan aktivitas sehari-sehari,berapa kali asupan makanan yang dikonsumsi dalam sehari?terutama bagi saya yang ingin menaikan berat badan secara sehat

    Terima kasih

  • joko kusyanto says:

    sy mau menurunkan berat badan,tinggi 174,berat 98kg, tolong ajari sy untuk pola makan sy biar cepat turun berat badan sy, sy ucapkan banyak terima kasih.

  • ika yuni astuti says:

    Kalo pengen nurunin berat badan 7 kg…berapa kilo kalori yang hrs kita buang dalam sehari?bisa kasih tips olahraga n menu yang mesti imakan ga

Leave a Reply

Jawaban comment akan dikirim ke e-mail pribadi kamu.
Pastikan alamat e-mail yang tertulis sudah benar. Email tidak akan dipublikasikan.

Required fields are marked *

*


− one = 6