Air Kelapa, Si Manis yang Rendah Kalori

9 June 2015

Tidak sedikit orang yang suka mengonsumsi air kelapa khususnya kelapa hijau muda. Beruntungnya, selain memiliki rasa yang yang manis dan menyegarkan, minuman ini masuk ke dalam daftar makanan rendah kalori . Selain itu, air kelapa juga rendah lemak dan bebas kolesterol serta merupakan sumber kalium yang cukup baik. Kalium yang terdapat dalam 1 gelas air kelapa hampir 2 kali lipat banyaknya dari 1 buah pisang ukuran sedang.

 

Air kelapa segar juga dapat membantu proses hidrasi tubuh. Ketika menikmati air kelapa, sebaiknya Anda tidak memberi gula tambahan lagi. Hal ini dikarenakan dalam 250 ml air kelapa sudah terkandung 6 gram gula yang membuat rasanya sendiri sudah cukup manis alami. Namun, air kelapa tetap masuk ke dalam daftar makanan rendah kalori dikarenakan kandungan gula ini sangat rendah dibanding minuman dalam kemasan, soda, atau jus buah kemasan yang dapat memiliki kandungan gula 3-5 kali lipat.

 

Selain termasuk dalam daftar makanan rendah kalori, berikut adalah manfaat positif yang dapat diperoleh dari air kelapa hijau muda yang segar:

  1. Berfungsi sebagai minuman elektrolit yang membantu mengganti cairan tubuh yang hilang pasca beraktivitas dan berolahraga.
  2. Sumber asupan kalium bagi tubuh.
  3. Minuman yang cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet rendah kalori.
  4. Membantu mengisi kekosongan gizi, khususnya kaliumyang diperlukan tubuh akibat kurang makan buah dan sayur.

 

Air kelapa adalah minuman rendah kalori yang cocok dikonsumsi saat diet. Namun perlu Anda perhatikan, meskipun air kelapa memiliki kalori yang rendah, Anda tetap harus mengonsumsinya dalam porsi yang wajar.

 

Source:

webmd.com/food-recipes/features/truth-about-coconut-water

ptinr.com/warfarin-you/dietary-food-beverage/beverage-interactions/coconut-water

http://ndb.nal.usda.gov/ndb/foods/show/3697?qlookup=12119&fg=&format=&man=&lfacet=&max=25&new=1

 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *