Agar Tetap Sehat di Sela-Sela Kesibukan Kerja

3 February 2016

Sebagai workaholic, Anda tentu memiliki waktu yang terbatas untuk pergi ke pusat kebugaran. Bahkan, waktu yang dimiliki untuk mengolah makanan sehat pun terbatas. Pada akhirnya, Anda terbiasa memilih makanan cepat saji dan tidak sempat berolahraga. Namun, Anda tak perlu khawatir karena tips hidup sehat  berikut akan mengajak Anda untuk tetap sehat di sela-sela kesibukan kerja.

 

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memelihara kesehatan tubuh, cara-cara berikut ini dapat membantu Anda tetap sehat di sela-sela kesibukan kerja Anda:

 

Parkir Kendaraan Lebih Jauh

Cobalah untuk memarkir kendaraan lebih jauh dari tempat kerja. Hal ini bertujuan agar Anda dapat berjalan kaki lebih jauh. Apabila Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda dapat turun dari transportasi umum beberapa blok dari tempat bekerja.

 

Biasakan Diri untuk Naik Tangga

Jika tempat kerja Anda berada di lantai atas pada gedung bertingkat, manfaatkanlah tangga dibanding elevator. Gunakan elevator pada saat mendesak saja.

 

Regangkan Kaki Sambil Duduk

Siapa bilang Anda tidak bisa melakukan peregangan saat duduk? Anda tetap dapat meregangkan otot-otot kaki sambil duduk. Caranya, lepas alas kaki Anda kemudian mulailah meregangkan pangkal kaki hingga betis.

 

Sesekali Berdirilah Saat Bekerja

Duduk dalam waktu yang lama membuat otot-otot menjadi kaku. Bahkan, Anda dapat terkena wasir jika duduk terlalu lama. Sesekali, Anda perlu berdiri untuk meregangkan seluruh otot tubuh. Berjalan ke toilet atau pantry juga perlu dilakukan sesekali.

 

Konsumsi Makanan Sehat

Fast food dan mi instan yang tinggi garam dan lemak biasanya menjadi makanan yang sering dipilih oleh seorang workaholic. Gantilah makanan tersebut dengan makanan rendah lemak  yang lebih sehat. Misalnya, ganti fried chicken dengan salad atau sup yang lebih low-fat.

 

Di samping menjaga kesehatan tubuh saat bekerja, tips hidup sehat ini juga menyarankan Anda untuk melakukan manajemen stres. Jaga tubuh dan pikiran agar terhindar dari stres. Karena stres merupakan salah satu faktor timbulnya penyakit.

 

 

Source:                                                                     

everydayhealth.com/weight-pictures/10-ways-to-exercise-at-work-1028.aspx

webmd.com/balance/stress-management/features/staying-healthy-in-times-of-stress

everydayhealth.com/diet-and-nutrition-pictures/bad-eating-habits-and-how-to-break-them.aspx

Diakses pada 22 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *