Agar Hidangan Ikan Jadi Lebih Sehat dan Istimewa

9 February 2016

Ikan merupakan menu sehat bagi Anda yang sedang melakukan diet rendah garam . Bagaimana tidak, beberapa jenis ikan mengandung omega-3 yang aman untuk tekanan darah tinggi. Namun, kesalahan saat memasak atau membumbui dapat membuat hidangan ikan menjadi tidak sehat. Lantas, bagaimana cara agar hidangan ikan jadi lebih sehat dan aman dikonsumsi oleh pelaku diet rendah garam?

 

Pertama, pilihlah ikan laut yang segar dengan kandungan omega-3 yang tinggi, seperti tuna dan salmon. Hindari membeli ikan beku atau ikan kalengan. Ikan yang segar memiliki aroma yang tidak terlalu amis dan warna insangnya merah tidak berlendir. Setelah memperoleh ikan segar, Anda dianjurkan untuk segera mengolahnya. Menyimpan ikan terlalu lama di dalam freezer hanya akan mengurangi kesegarannya.

 

Selanjutnya, pilih salah satu teknik memasak berikut untuk mengolah hidangan ikan jadi lebih sehat dan istimewa:

 

1. Merebus

Jika Anda hendak memasak hidangan ikan dengan teknik merebus, gunakan bumbu-bumbu yang rendah natrium untuk mencegah gejala hipertensi  menyerang. Bumbu-bumbu yang dapat digunakan di antaranya daun bawang, bawang putih, bawang merah, jahe, dan kaldu sayuran. Rebus ikan selama kurang lebih 4-6 menit tergantung ukuran ikan.

 

2. Memanggang

Teknik ini terbilang cukup mudah. Bila ingin bumbu yang digunakan meresap ke dalam ikan, bumbui terlebih dahulu ikan mentah yang hendak dipanggang. Selanjutnya, bungkus ikan dengan kertas aluminium foil dan panggang ikan selama 10-15 menit. Opsi lain adalah membumbui ikan setelah dipanggang.

 

Sudahkah Anda menentukan jenis ikan yang akan diolah? Jika sudah, jangan lupa untuk menggunakan teknik memasak yang sehat dan kurangi penggunaan garam agar diet rendah garam yang Anda jalani tetap optimal!

 

 

Source:

mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/multimedia/cooking-fish/sls-20077118?s=1

everydayhealth.com/healthy-recipes/how-to-cook.aspx

Diakses pada 26 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *