Ada Hubungan Apa antara Diabetes dan Kesehatan Ginjal?

5 February 2016

Komplikasi penyakit diabetes melitus  tidak hanya penyakit jantung dan stroke saja. Akan tetapi, risiko penyakit ginjal juga menghantui para diabetesi. Oleh karena itu, penderita diabetes harus rutin mengecek kesehatan ginjalnya setiap tahun sambil mengontrol gula darah dan tekanan darah agar tetap stabil. Perlu diketahui, semakin tinggi kadar gula darah, maka semakin besar pula risiko komplikasi pada ginjal.

 

Apa hubungan diabetes melitus dengan kesehatan ginjal? Ginjal berfungsi untuk menyaring “bahan sisa” yang kita konsumsi dan dibuang dalam bentuk urin. Ketika seseorang terkena diabetes, kandungan gula yang sangat tinggi dalam darah membuat proses penyaringan pada ginjal menjadi lebih berat, dan setelah beberapa tahun bisa terjadi kebocoran, dan partikel besar seperti protein dapat masuk ke dalam urin, yang disebut sebagai microalbuminuria. Jika kejadian ini terjadi terus menerus, akan terjadi kerusakan ginjal karena tidak ada proses penyaringan dan seluruh limbah tersebut akan menumpuk di darah. Hal inilah yang disebut sebagai ESRD (end-stage renal disease) dan menyebabkan seseorang mengalami proses cuci darah.

 

Para diabetesi harus lebih memperhatikan tips kesehatan , yakni dengan menjaga kadar gula dan tekanan darah untuk menghindari penyakit ginjal. Bagi diabetesi yang telah mengalami penyakit pada ginjal, fungsi ginjal dapat ditingkatkan melalui cara-cara di bawah ini:

- Menganut pola makan yang tepat serta mengonsumsi makanan sehat
- Menjaga tekanan darah agar tidak lebih dari 120/80 mmHg
- Berolahraga dan melakukan aktivitas fisik secara teratur
- Membatasi konsumsi gula dan garam
- Mengonsumsi obat yang disarankan oleh dokter

 

Diabetes tidak menjadi alasan bagi Anda untuk tidak menjaga kesehatan organ tubuh lainnya, termasuk ginjal. Kontrol diabetes Anda agar tidak menimbulkan komplikasi penyakit pada organ tubuh lainnya.

 

 

Source:

webmd.com/diabetes/preventing-diabetes-complications

diatribe.org/how-much-do-you-know-about-diabetes-and-kidney-disease

kidney.org/atoz/atozTopic_Diabetes

Diakses pada 25 Mei 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *