6 Gejala Awal Diabetes yang Perlu Anda Ketahui

4 August 2015

Penyakit diabetes dapat dideteksi dari gejala atau tanda-tanda diabetes. Akan tetapi, beberapa penderita diabetes kerap kali terlambat mendeteksi penyakit gula darah ini. Hal tersebut dikarenakan tanda-tanda diabetes  nyaris sama dengan gangguan kesehatan ringan. Lesu dan lemah yang kerap kali dialami seseorang sering disinyalir sebagai anemia atau tidak enak badan biasa. Padahal, itu bisa jadi merupakan gejala awal diabetes.

 

Diabetes sering diawali dengan beberapa gejala. berikut adalah gejala atau tanda-tanda diabetes yang paling umum dialami penderitanya:

1. Haus Terus Menerus dan Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat
Tingginya kadar glukosa di darah menyebabkan tubuh mengambil cairan di dalam sel.  Akibatnya, penderita diabetes akan merasa haus dan ingin buang air kecil terus menerus.

2. Sering Lapar dan lelah
Karena insulin penderita diabetes tidak dapat bekerja dengan baik untuk menjadikan glukosa sebagai energi. Maka, tubuh penderitanya akan terus merasa lapar dan lelah

3. Berat Badan Menurun Drastis
Hal tersebut dikarenakan insulin tak dapat mengubah glukosa menjadi energi, maka energi akan diperoleh dari pemecahan jaringan lemak dan otot.

4. Mudah Bad Mood
Sering merasa lapar dan lelah dapat mengakibatkan penderita diabetes menjadi lebih mudah bad mood dan tersinggung.

5. Luka Sukar Membaik
Adanya glukosa berlebih dalam darah mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

6. Kesemutan dan penglihatan kabur
Kadar gula yang berlebih dalam darah dapat merusak saraf pada tubuh manusia. Penderita diabetes akan sering mengalami kesemutan dan gangguan penglihatan.

 

Apabila Anda mengalami salah satu atau beberapa dari gejala awal diabetes di atas, segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Selain pengobatan, gaya hidup sehat merupakan kunci hidup sehat bersama diabetes.

 

 

Source:
diabetes.about.com/od/symptomsdiagnosis/p/Symptoms.htm
medicalnewstoday.com/info/diabetes/diabetessymptoms.php
everydayhealth.com/diabetes/diabetes-symptoms.aspx
Diakses pada 28 Februari 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *