3 Faktor Risiko Penyebab Darah Tinggi

23 November 2015

Memiliki riwayat tekanan darah tinggi tidak jarang menjadikan Anda harus lebih teliti dalam menjaga kesehatan terutama dari pantangan-pantangan kerap terdengar.

 

Pantangan darah tinggi apa yang sebaiknya Anda hindari agar tetap sehat?

 

Beberapa kebiasaan ini sebaiknya mulai dikurangi agar tubuh Anda tetap fit dan tekanan darah Anda berada pada batas normal:

 

Konsumsi Makanan Tinggi Kandungan Garam

Makanan yang bercitarasa gurih memang sangat sedap dan bisa dikonsumsi saat ngemil maupun saat menyantap hidangan utama. Namun, tahukah Anda kalau makanan yang bercitarasa gurih biasanya memiliki kandungan garam yang relatif tinggi dan dapat mempengaruhi tekanan darah Anda? Konsumsi sodium secara berlebihan dapat mengakibatkan tumpukan plak atau pengerasan pembuluh darah yang mengakibatkan tekanan darah mudah meningkat. Jadi, segera batasi konsumsi makanan gurih agar tekanan darah Anda tetap stabil.

 

Jarang Berolahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk membentuk tubuh, namun juga melatih jantung dan organ tubuh lainnya untuk tetap fit dan berfungsi dengan prima. Beragam olahraga cardio seperti lari pagi, treadmill, atau sepeda statis bisa menjadi alternatif olahraga simpel untuk menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah Anda.

 

Stres Berkepanjangan

Memang tidak ada yang bisa menolak kondisi stres, tapi tentu Anda tahu bahwa stres itu berbahaya bagi kesehatan. Kondisi stres yang dialami otak membuat tubuh membentuk pertahanan dengan meningkatkan denyut jantung dan kecepatan bernapas yang akhirnya mendorong tekanan darah untuk naik. Agar terhindar dari kondisi stres, segera lakukan aktivitas hobi Anda dan luangkan waktu untuk bersantai sejenak dari rutinitas sehari-hari.

 

Menurunkan darah tinggi memang bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, akan jauh lebih baik jika Anda mengenal faktor penyebab penyakit darah tinggi sehingga Anda bisa mulai hidup sehat tanpa harus tersiksa dengan sejumlah pantangan darah tinggi yang ketat.

 

 

Source:

webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/guide/hypertension-risk-factors

highbloodpressure.about.com/od/understandyourrisk/tp/controlling-risk-factors.htm

Diakses pada : 16 April 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *