10 Langkah untuk Memulai Hidup Sehat Hari Ini

16 June 2015

Untuk memulai hidup sehat, mengapa tidak dimulai dari sekarang? Pengertian pola hidup sehat merupakan sebuah komitmen jangka panjang yang menentukan kesehatan Anda kelak. Tentunya, ada banyak manfaat yang akan Anda peroleh setelah menjalankan pola hidup sehat, salah satunya adalah terhindar dari risiko penyakit berbahaya. Namun, bagaimanakah cara memulai pola hidup sehat secara tepat?

 

Apakah pengertian pola hidup sehat hanya sebatas mengonsumsi makanan sehat dan aktif berolahraga saja? Kedua hal tersebut belum cukup untuk memulai hidup sehat. Ada 10 langkah yang harus Anda tempuh untuk memulai hidup sehat sejak hari ini, yaitu:

 

Pelihara kesehatan Anda 

Menjalankan pola hidup sehat tidak dapat dilakukan secara individu, terlebih jika Anda mempunyai riwayat jenis penyakit tertentu. Cobalah memelihara kesehatan dengan melakukan konsultasi kesehatan rutin dengan dokter Anda. Melakukan konsultasi rutin dengan dokter menjadikan Anda lebih tahu dan peduli terhadap kesehatan. Selain itu, dengan berkonsultasi dengan dokter secara rutin Anda juga dapat mengetahui perubahan kondisi yang terjadi pada kesehatan Anda. Dengan lebih peduli terhadap kondisi kesehatan Anda, pola hidup sehat juga akan lebih terjaga.

 

Lakukan diet sehat 

Diet tidak hanya untuk memperoleh berat badan ideal saja. Akan tetapi, diet juga bermanfaat bagi Anda yang menganut pola hidup sehat. Ada berbagai macam diet sehat dengan membatasi asupan kalori, gula, garam, lemak, dll. Nah, pilih salah satu diet yang ingin Anda jalani. Bahkan, Anda juga bisa menjalankan dua diet yang berbeda sekaligus. Meskipun pada awalnya terasa sulit, tapi Anda bisa menyemangati diri sendiri bahwa diet yang Anda jalani ini demi memperoleh hidup yang lebih sehat.

 

Manajemen stres 

Kelola stres Anda dengan baik untuk memulai hidup sehat dari sekarang. Hal ini karena beberapa penyakit tertentu dapat diakibatkan oleh stres. Cobalah untuk memanajemen stres dengan melakukan yoga atau refreshing. Stres bisa disebabkan oleh masalah pribadi. Ya, setiap manusia normal yang hidup di dunia ini tentu tidak akan terlepas dari masalah. Akan tetapi, jangan biarkan kondisi stres yang diakibatkan karena masalah hidup tersebut membuat Anda mengalami depresi sehingga mengabaikan sejumlah rangkaian hidup sehat lainnya. Apabila Anda memiliki masalah, cobalah untuk berbagi dengan orang lain agar Anda tidak terlalu merasa terbebani. Bila perlu, Anda pun bisa melakukan segala aktivitas yang Anda sukai untuk mengurangi stres.

 

Hidup sehat dengan Cukup Tidur

Untuk memulai hidup sehat, pastikan juga Anda memiliki kualitas tidur yang baik dan mencukupi. Kurangi kebiasaan begadang hingga larut malam agar Anda mendapatkan cukup tidur dan tubuh Anda tetap prima untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Durasi tidur yang direkomendasikan untuk orang dewasa pada setiap malam adalah 7-9 jam. Kurang tidur dapat membuat Anda terus merasa kelelahan dan mengantuk sepanjang hari. Selain itu, kurang tidur juga berkaitan dengan pemilihan makanan yang lebih tidak sehat esok harinya.

 

Eating Well 

Perbanyak konsumsi makanan sehat dan kurangi makanan berlemak, tinggi kalori dan tinggi garam. Kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti junk food, fast food atau soft drink. Gantilah makanan tersebut dengan buah-buahan dan sayuran segar. Perlu Anda ketahui bahwa diet tinggi buah dan sayuran memiliki banyak manfaat kesehatan. Kandungan alami serat dan fitonutrien pada buah dan sayuran baik untuk membantu menjaga kesehatan Anda. Pilihlah berbagai macam buah dan sayuran yang bervariasi dengan warna berbeda untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda.

 

Buat jadwal olahraga 

Dewasa ini, banyak orang yang mengabaikan kegiatan berolahraga dengan berbagai macam alasan, salah satunya adalah kesibukan di dunia pekerjaan. Padahal, olahraga setiap hari adalah tonggak utama untuk memulai hidup sehat. Maka dari itu, pastikan Anda meluangkan waktu selama minimal 30 menit untuk melakukan olahraga setiap harinya. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke pusat kebugaran, cobalah untuk melakukan olahraga sederhana seperti jogging atau senam di tempat. Tidak sempat untuk berolahraga? Cobalah untuk melakukan beberapa hal sederhana untuk memastikan tubuh bergerak lebih aktif, seperti memilih naik tangga dibanding naik lift, berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja apabila tidak terlalu jauh, dan berdiri sambil berjalan-jalan sejenak setiap 1-2 jam sekali ketika Anda sedang bekerja, terutama jika pekerjaan Anda menuntut Anda untuk duduk di depan komputer selama berjam-jam.

 

Perbaiki hubungan dengan orang lain 

Hidup sehat tidak sekadar melakukan diet dan olahraga saja. Menjalin hubungan baik dengan orang lain juga merupakan langkah hidup sehat. Kesehatan tidak berasal dari fisik saja, tapi juga berasal dari jiwa yang sehat pula. Apabila Anda sedang memiliki masalah dengan orang lain, sebaiknya cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri, kemudian berdamai dengan orang tersebut. Setidaknya, Anda sudah mengambil langkah terbaik meskipun hasilnya tidak sesuai dengan harapan Anda.

 

Move on and keep on fire! 

Susah move on dari kebiasaan hidup yang lama? Cobalah untuk move on ke pola hidup sehat dengan menyemangati diri sendiri. Buat motivasi Anda untuk menjalankan hidup sehat. Kemudian, terus ingat motivasi tersebut sebagai penyemangat Anda. Motivasi yang paling penting dan efektif untuk memacu semangat Anda dalam memulai hidup sehat adalah, Anda ingin sehat dan tidak ingin terkena penyakit pada esok hari. Jadikan tujuan ini sebagai motivasi untuk membangun semangat Anda untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat mulai hari ini.

 

Hidup sehat dimulai dari pikiran yang positif 

“Apakah saya bisa memulai hidup sehat?” “Saya takut tidak bisa bangun pagi karena saya tidak bisa jika tidak begadang.” Kecemasan untuk memulai hidup sehat pasti pernah dialami oleh sebagian orang. Seperti di poin sebelumnya, Anda harus move on dan tetap bertekad untuk mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Abaikan pikiran-pikiran negatif yang dapat menghalangi Anda untuk memulai hidup sehat. Ingat, selalu berpikir positif akan membuat Anda terbiasa untuk menyikapi segala hal dengan pikiran yang positif.

 

Hidup sehat tanpa diforsir 

Olahraga sepanjang hari atau makan dengan porsi sesedikit mungkin adalah hal-hal yang tidak dapat membuat Anda menjadi lebih sehat. Sebaliknya, justru Anda akan mengalami kelelahan dan mudah sakit. Hidup sehat dapat dimulai tanpa perlu diforsir. Anda bisa melakukan segala sesuatunya secara bertahap, seperti mulai berolahraga selama 20-30 menit setiap hari lalu lama kelamaan durasi waktu ditambah sebanyak 5-10 menit setiap harinya. Pun begitu dengan porsi makan, kurangi porsi makan secara bertahap, jangan langsung menghindarinya secara total. Buat tubuh Anda terbiasa dengan gaya hidup yang lebih sehat.

 

Pola hidup sehat merupakan sebuah komitmen yang menentukan kondisi tubuh Anda kelak. Oleh karena itu, mari jalani pola hidup sehat dengan 10 langkah mudah ini dari sekarang. Walaupun pada awalnya Anda merasa kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan lama dan memulai kebiasaan baru yang lebih sehat, tapi percayalah bahwa Anda bisa melakukannya. Ingat, jika bukan Anda yang menjaga kesehatan diri sendiri, lalu siapa lagi?

 

 

Source:

webmd.com/balance/features/healthy-living-8-steps-to-take-today

exercise.about.com/od/healthinjuries/a/healthylifestyl.htm

everydayhealth.com/lifestyle/healthy-living/

gaiam.com/discover/183/article/15-easy-ways-healthier/

 


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *