1 Pisang 1 Hari untuk Bantu Turunkan Hipertensi

15 September 2015

Berbicara soal buah, sebenarnya tak hanya apel saja yang mempunya istilah “An apple a day keeps the doctor away”. Ada buah lain juga yang lebih mudah ditemui dengan harga terjangkau dan tentunya memiliki manfaat kesehatan yang berlimpah juga. Yap! Buah pisang adalah jawabannya.

 

Selain dimanfaatkan sebagai alternatif makanan pokok karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi. Buah kuning satu ini juga kerap digolongkan dalam makanan penurun darah tinggi karena kandungan mineral kalium di dalamnya. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 420 mg kalium, yang berarti sudah memenuhi hampir 10% angka kecukupan gizi (AKG) kalium per hari (4700 mg untuk orang dewasa).

 

Dibandingkan dengan buah lainnya, kandungan kalium pada buah pisang juga relatif lebih tinggi, di mana nilainya hampir mencapai 3 kali lipat dibandingkan dengan buah apel dan jeruk (±150 mg/buah).

 

Penelitian terkait dengan kalium, telah menunjukkan bahwa bahwa peningkatan konsumsi kalium sebesar 1.8-1.9 g/hari menurunkan tekanan darah dari penderita tekanan darah tinggi / hipertensi sebesar 4 mm Hg (systolic) dan 2.5 mm Hg (diastolic). Tak hanya itu studi lain juga menunjukkan setiap peningkatan konsumsi kalium 1000 mg/hari, dapat menurunkan risiko stroke 11 %.

 

Manfaat dari buah pisang tidak berhenti hanya pada penurunan tekanan darah tinggi. Buah pisang juga merupakan salah satu alternatif makanan dalam pemenuhan kebutuhan serat harian dan juga dalam pemenuhan kebutuhan vitamin.

 

Jadi, mudah bukan menemukan makanan enak dengan manfaat kesehatan berlimpah? Konsumsilah buah dan sayur yang beraneka ragam setiap harinya untuk hidup yang lebih sehat!

 

Source:
S. Department of Agriculture, Agricultural Research Service. 2011. USDA National Nutrient Database for Standard Reference, Release 24. Nutrient Data Laboratory Home Page, http://www.ars.usda.gov/ba/bhnrc/ndl
http://himagizi.lk.ipb.ac.id/2014/01/29/download-akg-2013/
Journal of Human Hypertension (2005) 19, S10-S19.
Stroke (2011) 42 : 2746-2750
Diakses pada 9 Juni 2015


Related Post


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *